Minggu, 06 Februari 2011

Persipura kalah lewat gol tunggal sang super sub "Sunarto"

Persipura Jayapura menelan kekalahan pertamanya di Indonesia Super League musim ini. Bertamu ke Arema Indonesia, Mutiara Hitam tunduk dengan skor tipis 0-1.

Persipura datang Stadion Kanjuruhan, Minggu (6/2/2011) malam WIB dengan status pemuncak klasemen. Skuad besutan Jacksen F Tiago itu belum terkalahkan dari 12 laga yang sudah dilalui dengan 10 kemenangan dan dua hasil imbang.

Namun catatan impresif tersebut tercoreng saat melawat ke Arema Indonesia. Sebuah gol dari pemain pengganti, Sunarto, di jelang akhir laga, memberi 'Singo Edan' kemenangan tipis 1-0.

Tambahan tiga poin dari hasil laga ini membuat Arema kini naik ke urutan tiga klasemen dengan poin 23. Jumlah nilai mereka sama dengan Persija Jakarta, namun unggul dalam selisih gol.

Arema bermain agresif dengan terus menerus melakukan serangan sejak peluit pertama dibunyikan wasit. Umpan satu dua dibangun dari lini tengah kerap membuyarkan kosentrasi lini belakang Persipura yang dikawal Hamka Hamzah, Bio Paulin Piere, Yohanes Tjoe, dan Victor Igbonefo.

Peluang emas tercipta di menit enam. Heading Musafri, yang menjadi ujung tombak Arema bersama Noh Alam Shah, memanfaatkan umpan lambung M. Ridwan, masih membentur mistar gawang sebelah kiri kiper Persipura Yoo Jae Hoon.

Persipura sendiri tampil kurang menyengat di babak pertama. Sepanjang 25 menit awal hanya satu peluang tercipta. Bahkan, tim asuhan Jacksen F Tiago ini banyak melakukan kesalahan saat memberikan umpan.

Zah Rahan Kranggar masih menjadi motor pendobrak lini belakang lawan melalui aksi individunya. Kendati begitu duo ujung tombak tim tamu, Boaz Salosa serta Ian Louis Kabes, tetap kurang mendapat suplai bola yang membuat serangan Persipura banyak yang gagal.

Di babak kedua tuan rumah masih bermain menyerang. Namun karena tak menunjukkan hasil memuaskan pergantian pemain dilakukan Miroslav Janu dengan menarik Musafri dan Noh Alam Shan untuk kemudian memasukkan pemain muda Sunarto serta Amiruddin.

Tim tamu sejak awal berkali-kali mendapat tekanan juga berganti taktik. Boaz Salosa ditarik keluar dengan memasukkan Lukas Mandowen. Masuknya pemain nomor punggung 33 ini membawa angin baru pada permainan Persipura.

Kemampuannya menggiring bola dengan cepat beberapa kali berhasil menembus pertahanan Arema dijaga ketat Zulkifli Syukur, Purwaka Yudhi, dan Waluyo. Peluang emas tercipta melalui Ian Louis Kabes, aksi individunya berhasil menembus pertahanan lawan. Namun tedangannya masih membentur mistar gawang Arema dijaga Ahmad Kurniawan.

Dua menit sebelum pertandingan usai Aremania dibuat kegirangan menyusul sukses Sunarto menjebol gawang Persipura. Gol tersebut bermula dari tendangan keras Amiruddin yang masih bisa diblok kiper Yoo Jae Hoon, bola mental dari momen tersebut langsung disambar Sunarto. Arema unggul 1-0.

Dua menit waktu tersisa plus dua menit waktu injury time tak cukup untuk Persipura mencetak gol penyama. Skor 1-0 untuk tuan rumah bertahan hingga laga tuntas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar